19 September 2007

Ubuntu tak bisa shutdown sempurna

Kok seperti Windows 98 aja yah? Shutdown pada berhenti di logo Windows aja. Emang itu terjadi di tempat gue. Ubuntu kliatan shutdown dengan logo khasnya. Tapi berhenti sampe disitu aja.

Setelah googling ketemu juga solusinya:

Tambahkan "acpi=off" di Grub menu

sudo gedit /boot/grub/menu.lst

Cari baris berikut: # defoptions=quiet splash

Dan tambahkan option "acpi=off" di belakangnya sehingga menjadi seperti berikut: # defoptions=quiet splash acpi=off

Berikutnya update Grub dengan perintah:

sudo update-grub

Tambahkan "apm power_off=1" di /etc/modules

sudo gedit /ect/modules

Di baris paling bawah, tambahkan: apm power_off=1

Simpan dan cobalah reboot

Powered by ScribeFire.

2 komentar:

Lim mengatakan...

Mas Lutfi, trims ni atas solusi ubuntu ga bisa shutdown sempurna, berkat solusinya masalah yang saya hadapi terselesaikan. btw mau nanya nih mas, gimana cara mas lutfi belajar linux dengan cepat ya?? soalnya saya udah hampir 3 bulan ga bisa-bisa. contohnya mau instal game aja saya ga bisa.

Tolong ya mas diceritain, makasih

ferry

Lutfi mengatakan...

Stiap software di Linux ada situsnya. Kalo mo install game, coba pelajari Wine. Itu artinya baca dulu manualnya atao ke situs http://www.winehq.com. Ada juga versi bayarnya namanya Cedega. Coba aja tiap hari pake Linuxnya. Lama2 akan terbiasa n jadi mudah ;)