09 Oktober 2007

IM local network tanpa IM server

Sejak Pidgin versi 2 (dulu namanya Gaim) beredar, sebenernya kita bisa membuat kan instant messeging (IM) tanpa server di netwok lokal. Keren kan? Ini semua berkat kemampuan Zeroconf networking. Atau penerapan di Linux menggunakan Avahi. Hampir semua distro sekarang dah include Avahi versi baru. Kalo di Windows bisa pake Bonjour for Windows yang di provide pihak Apple.

Yang pake Gutsy (Ubuntu 7.10) dah langsung ada Pidgin. Yang masih pake Feisty (Ubuntu 7.04), download aja dari http://www.getdeb.net.Yang pake Windows (minamal W2k), bisa download Pidgin for Windows dan juga Bonjour for Windows dari Apple.
  • Aktifkan Pidgin (di Linux)
  • Add account. Pilih Protocol Bonjour dan lengkapi screenname dengan username. Lalu klik tab Advance lengkapi kalo diperlukan.
  • Klik save untuk menyimpannya
Silakan konfigure desktop Linux yang laen dengan cara yang sama. Tentu saja gunakan username/nama yang berbeda-beda. Setiap Pidgin yang online, akan langsung memunculkan user-user laen secara otomatis tanpa perlu di add lagi.

Untuk Windows, minimal harus Windows 2000. Jadi XP dan Vista bisa juga. Khusus untuk Windows, install dulu Bonjour for Windows dari pihak Apple yang gratis bisa di ambil dari http://www.apple.com/support/downloads/bonjourforwindows.html. Baru berikutnya install Pidgin for Windows versi terakhir.

Well... IM bs dilakukan di local network kita dengan cara yang sangatttttttt mudah. Jadi ipmsg akan trasa basi deh ;-)

Powered by ScribeFire.

4 komentar:

Anonim mengatakan...

saya baru migrasi ke LINUX Mandriva 2008 tampilan OKE banget. Masalah ee setelah saya install PIDGIN terus JOINT ROOM kesalah satu ROOM, saya KLIK untuk aktifkan Munculah UNABLE TO OPEN URL. Tolong bantuin aktifkan Open URL biar bisa chating pake PIDGIN. Thank Yaa

Pengurus mengatakan...

Pidginnya dipakee utk protocol apa? YM Msgr, MSN Msgr or GTalk? Bs lebih jelas?

Anonim mengatakan...

Mas Lutfi, itu harus satu subnet ya?

--budiw

Pengurus mengatakan...

Betul. Teknologi bonjour/avahi harus 1 (satu) subnet.