14 Maret 2008

Alternatif Iridium (Global Time Converter) untuk sekretaris bos

Karena si bos suka klayapan keliling dunia, makanya sekretarisnya paling demen sama yg namanya software "Iridium". Juga banyak relasi dari seluruh penjuru dunia. Software kecil ukutan 240kb yg di load pake namafile Iridium.exe. Nih gambarnya:



Simple aja. Klik aja pada kota/region yg dituju. Muncul jam dan tanggal saat itu. Jadi kagak akan salah ucapin met siang sama orang online di telpon/IM. Lucu aja kalo disini siang, lalu ucapin met siang, padahal yang disono tengah malem :-D

Ini mungkin sepele. Tapi yang pasti software ini penting utk yg sering kontak sama penduduk dunia bagian laen. Sayangnya gue blon temukan software seperti ini native under Linux. Ada software clock yg nampilin beberapa kota. Tapi yg dibutuhin gak sepeti itu. Penelepon bs saja dari mana aja. Jadi gak mungkin konfigure smua kota dulu kan. Dengan software ini praktis deh. Klik area, muncul deh jamnya.

Solusi pake Wine emang bisa. Tapi sengaja gue gak kasih itu. Sebisa mungkin hindarin Wine. Game2 mungil for Windows bisa di aktifkan mreka tuh. Wah...ribut deh kalo pada maen game :-(

Setelah 1 bulan obok2 freshmeat.net dah sourceforge.net tetep gak ada, akhirnya dapat ide juga. Pake search engine Firefox. Masukkan nama kota lalu enter aja. Akan muncul jam di kota tujuan. Lumayan simple deh. Ini di provide oleh
http://www.timeanddate.com dah dah ready di http://mycroft.mozdev.org. Search aja Word Clock di site http://mycroft.mozdev.org. Contoh nih, cari waktu untuk kota Bangkok:



Dah hasilnya seperti ini:



Kira2 da yang bs bikin native versi Iridium di Linux? :-D

Goodluck then



4 komentar:

heri mengatakan...

Makasih infonya, sangat bermanfaat.
Btw kl nggak salah di Gnome terbaru 2.22 sudah ada International Clock, mungkin bisa membantu.
Di KDE kalau kita sorot jamnya jg ada ya tampilan jam beberapa kota besar, cuma nggak tau cara ganti2 kota2nya.
Salam

heri mengatakan...

Kebetulan baru ketemu FoxClocks
https://addons.update.mozilla.org/en-US/sunbird/addon/1117

Tapi hrs install sunbird dulu :)
Mungkin bisa membantu juga.
Salam

tri ms mengatakan...

pernah pake spicebird?

kayaknya cocok nih... email2an dan juga global time convert jg... macem2 deh :D

Lutfi mengatakan...

Hi Tri MS,

Addon FoxClocks (yg disebutin Mas Heri) di atas udah bener. Addons ini bisa dipake di Thunderbird dan Sunbird (calendar only).

Tapi gue lebih seneng solusi Thunderbird (+ Lightning). Versi 3 nya OK banget. Dan addons itu jg pasti akan tersedia untuk versi barunya Thunderbird.

BTW, artikel ini gue tulis 1 taon lalu. Sepertinya udah nggak uptodate lagi. Karena di Gnome pun (sejak Ubuntu 8.04), jamnya bs diconfigure bbrp lokasi. Jadi jam spt FoxClocks udah terintegrasi di Gnome (Ubuntu) / KDE (Kubuntu).