22 Juli 2009

MacBook jadi client

Gak tau kenapa, salah satu bos gue sepertinya udah mulai sadar akan notebooknya. Aslinya dia pake Vista. Selalu ngeluh pelan. Gue sekalian ejek tuh. Bukan sekali dua kali. Setiap kali ketemu. Hari gini pake Vista? Makan tuh problemnya. Dari 5 orang bos yang pake Vista, semuanya ngeluh hal yang sama :-D

Kemaren mendadak dia bawa MacBook. Sepertinya punya couplenya deh. Dan dia pengen coba kerja pake itu. Wah... belon pernah deh gue configure MacBook. Tapi sepertinya MacBook yang sekarang kan udah banyak dukungan FOSS softwarenya. Jadi nggak ada salahnya gue coba deh.

Ini bener-bener pengalaman pertama pegang MacBook. Jadi support sitenya Apple dan Google tentunya akan sangat membantu. Dah akhirnya bisa juga install ini:
  • Firefox 3.5
  • Thunderbird 2.0.22 + Lightning addon
  • OpenOffice.org 3.1
Itu semua kebutuhan dasar. Walaupun udah ada Safari dan MacMail, tapi software FOSS lebih bisa dipercaya deh. Kenapa? Ya karena gue butuh untuk pindahkan konfigurasi/data dari Windows tentunya. Karena di Windows udah pake itu semua, akan jadi gampang menggunakan software yang sama di Mac. Tinggak pindahin juga profilesnya.

Juga walaupun udah ada Ms.Office 2008-nya, tapi OpenOffice.org for Mac tetep dibutuhkan untuk akses ODF files yang banyak betebaran di server.

Beberapa software yang gue configure juga:

  • iChat
    Untuk instant messaging gunakan ejabberd server. Segampang Pidgin sepertinya.
  • TunnelBlick
    OpenVPN client for Mac. Karena bos satu ini slalu mengakses server Samba dari rumahnya, VPN solusi untuk dia. Dan setelah copy semua config files OpenVPN dr Vista ke Mac, langsung bisa connect. Tanpa configure apa2 lagi.
  • Printing
    Ini yang paling ribet. Printer Epson Stylus Photo 1390 di PC laen, nggak bisa dihubungin dari MacBook. Apapun yang dicetak, selalu menghilang entah kemana. Padahal udah gunakan CD driver official dr Epson. Karena printing di Mac pake CUPS juga, gue cobain driver FOSS aja. Berhasil juga akhirnya.
Hal laen yang juga gue coba adalah mengakses Samba server gunakan Finder. Mudah juga. Nggak beda ama di Linux lah. Jadi.... kalo gue sih, mending pake Linux aja. Murah booo ....

Well pren .. FOSS everywhere ...

1 komentar:

made hendra mengatakan...

Betul bos, saya juga pernah nyoba mac temen. Aduh lumyan aneh juga. Yang paling kentara compatibilitasnya. Masih lebih banyak Linux lah. Jadi kalo mo gampang, pake linux. Windows memang gampang, tapi sering menyebalkan :( Terutama kalo berurusan dengan virus