08 September 2009

Change password via web

Setelah kirim ke semua user tentang keharusan ganti password setiap 100 hari dan juga cara ganti password di Linux client maupun di Windows client (join domain), muncul beberapa komplain. Pengguna notebook yang umumnya menggunakan Windows tidak bisa melakukan pergantian password. Hal ini dikarenakan Windows OS tidak join di domain Samba.

Selain hal itu, pengguna notebook (karena tidak join domain) tidak akan mendapatkan menu pergantian password secara otomatis. Tapi mereka bisa menikmati reminder via email kalo passwordnya mau expired. Cek artikel gue sebelum ini.

Waktunya obok-obok internet. Akhirnya dapat solusi yang paling mudah. Yaitu pergantian  password via web. Dan gue bisa nemukan webldappasswd untuk keperluan ini. Program yang simple banget tuh. Dan emang mungil juga ukurannya.

Cukup install apache dan php5 di server tempat LDAP server berada. Extract file webldappasswd_20060329.tar.gz ke dalam directory /var/www. Selanjutnya edit file ldap.php dan rubah 2 parameternya:

$ldapPasswd    = '/usr/bin/ldappasswd';
$ldapFullUsername = "uid=$userLogin,ou=Users,dc=mydomain,dc=com";

Yang belon ada file "/usr/bin/ldappasswd", silakan install paket ldap-utils dari repo. Selanjutnya tinggal arahin browser ke alamat:

http://myldap.mydomain.com/webldappasswd

Sekarang semua client bisa ganti password dengan leluasa.


Tidak ada komentar: