30 April 2011

Testing memory

Gemana testing memory yang bagus? Solusi Linux sangat praktis, instan dan akurat. Cukup gunakan LiveCD Linux misal Ubuntu 10.04 LTS, dan gunakan menu "Test Memory (memtest86+)". Bener-bener akurat dan praktis.

Waktu coba PC-Doctor di Windows, selain pelan dan lama, ini bener2 di luar topik. Mau test memory saja harus ribet masuk Windows segala. Iya kalo Windowsnya beres. Kalo Windows lagi error, jadi ada kerjaan tambahan akhirnya. Memtest86+ murni text, langsung jalan dan langsung bisa liat hasilnya. 

Lakukan hal ini dengan teliti:

  1. Pasangkan memory yang mau di test (inilah kerjaan teknisi sini salah satunya :-D )
  2. Booting via Ubuntu LiveCD
  3. Gunakan tombol panah beberapa kali tekan untuk memunculkan menu Ubuntu LiveCD. Yang mana kita gunakan juga untuk mencoba Ubuntu. Karena kalo tidak kita lakukan, Ubuntu LiveCD akan menuju menu installasinya.

  4. Pilih "Test Memory"
  5. Selanjutnya akan muncul menu Memtest86+ yang kita sudah kenal selama ini.

     
  6. Proses test memory akan dilakukan. Lamanya tergantung kapasitas memory kita.
  7. Ini contoh memory yang gagal salah satu testnya. Ada baris merah pada hasil testnya.

  8. Dan ini hasil memory yang lolos test. Perhatikan baris paling bawah: "Pass complete, no errors, pres ESC to exit".



  9. Tekan ESC untuk mengakhiri.

Sepintas test ini sepele. Tapi banyak kasus yang kita alami, terutama Windows yang crash dump, restart sendiri tanpa sebab, dan banyak lagi. Coba test memorynya dengan cara ini. Kalo gagal, waktunya minta garansi deh. Umumnya memory sekarang (baek DDR maupun sodimm) udah "lifetime warranty" (alias garansi seumur hidup). 

Tuh kan. Linux selalu terdepan ;-)

 

2 komentar:

YangNong mengatakan...

apa manfaat sesungguhnya dari test memory ini? sekedar test hardware saja?
mengapa selalu di tampilkan di menu Grub? apa manfaatnya untuk user? kalau di hilangkan dari menu Grub apa masalah? Thanks

Anonim mengatakan...

Maaf pren, Ada masalah ni, tolong donk pren....
Saya bikin program penggajian, saya tidak tau script php tuk setting kertas dan kirim data langsung ke printer tanpa di view ke browser. Saya tidak view slip gaji ke browser karena datanya banyak dan browser berat ngeloadnya, jadi saya mau kirim langsung aja ke printer dot matrix lx-300+. Tolong donk pren... scrip PHP programingnya. Saya pake database mysql. Kalau bisa balas ke email ya frend...rikirinaldi_pcr2001@yahoo.co.id