10 Desember 2007

Koneksi internet via HP n bluetooth (GUI only)

Gnome 2.20 versi terakhir yg diusung Gutsy (dan distro2 Linux laennya) emang dah bagus dukungan bluetoothnya. Tapi tetep saja, fasilitas binding bluetooth blon sanggup dilakukan Gnome. Dan yang gue baca sejauh ini di blog yang laen, slalu console console n console.

Well... Dah waktunya nyoba GUI nih. Biar pengguna Windows mulai yg umumnya benci console, bs ikutan coba pake cara ini. Walo gue gak setuju console itu jelek. Karena gue justru lebih demen console. Cuman...nih ada cara GUI kalo mo coba.

  1. Install Blueman yang ready di http://blueman.tuxfamily.org emang masih baru n terus dikembangkan. Software ini dah lumayan stable utk dicoba baek Feisty, Gutsy n distro yang laen. Tambahkan saja reponya dah install Blueman ikutin aja caranya dari homepage tadi.
  2. Aktifkan Bueman. Dia akan gantikan bluetooth applet milik Gnome. Yg pasti software ini lebih lengkap lagi. Bisa jg untuk sendfile ke HP maupun browse isi HP. Kalo perlu, taruh di startup program utk slalu aktif stiap pc diaktfkan.
  3. Klik icon Inquiry utk cari hp berbluetooth loe. Kalo dah nemu, klik icon Add Fav utk menyimpannya di Favorite.
  4. Lakukan paring dgn klik icon Bound. Save aja keyringnya. Laen waktu biar gak tanya lagi.
  5. Cek service DUN (Dial-Up Networking) yg dibutuhkan utk koneksi internet dgn cara klik nama HP loe n klik icon Properties. Lalu di lembar pertama, klik Get Service List. Gue pake Nokia 6275i CDMA dgn service DUN/Dial-Up networking di channel 1. Close kalo dah nemukan.
  6. Secara default blueman blon melakukan binding DUN. Jd lakukan skali ini saja dan bs dipake utk sterusnya. Klik menu Edit – Service. Rubah status SERIAL jadi ON dah juga aktifkan Autostart. Berikutnya klik icon paling kanan. Di bagian Host, pilih mac address/nama HP nya dan bagian Service pilih DUN. Akhiri dengan menekan tombol Add Port untuk melakukan binding.
  7. Untuk Gnome, coba gunakan Gnome-PPP dan KDE gunakan KPPP. Set aja modemnya jadi /dev/rfcomm0 (fasilitas autodetect gak berfungsi) dan set speednya setinggi2nya. Dan berhasil koneksi ke telkomnet@flexi.
Goodluck


Powered by ScribeFire.

Tidak ada komentar: