18 Februari 2008

File /etc/rc.local dan koneksi ke network

Satu hal alasan gunakan Ubuntu sbg client disini karena ada apt-cacher. Dan banyaknya mirror Ubuntu di IIX. Jadi resources berlimpah ini akan mempercepat update client. Karena sebelumnya gue pake Fedora, updatenya tuh, slalu ke luar negeri. Lamaaaaaaaaa download updatenya. Dan juga gak ada software sejenis apt-cacher utk menangani update Fedora. Walo gue tau, Fedora itu keren juga loh. N gue sih beranggapan smua linux itu sama ;-)

Makanya semua client disini terhubung ke apt-cacher server. Dan proses update, dilakukan via /etc/rc.local. Kenapa harus begini:
  • Hal ini jadi pertimbangan sejak awal, karena user gak punya hak akses selevel root via sudo (cuman 'desktop user'). Jadi mreka gak bisa seenaknya install software spt di Win98 deh. Bener2 restricted!!!
  • Update via update-manager hanya cocok utk notebook user. Bukan utk client network.
  • Update via cron tidak bagus utk byk client. Bayangkan kalo smua client mendadak download update bersamaan. Wah...langgsung macet tuh server. Update via cron hanya cocok utk server linux.
  • Update client cukup shari skali aja. Dan paling gampang adalah saat pc nyala. Yaitu dari /etc/rc.local.
Karena alasan2 tadi, update dilakukan dari file /etc/rc.local spt ini (tulis sebelum 'exit 0'):

/usr/bin/apt-get clean
/usr/bin/apt-get update
/usr/bin/apt-get -y dist-upgrade


Jadi stiap client nyalakan PC, proses update akan dilakukan. Tentu saja client gak mungkin bareng2 smuanya nyalakan PC. Karena kedatangan mreka juga berbeda-beda waktunya. Dan ini jelas gak akan beratkan server apt-cacher.

Hal laen, yang perlu diperhatikan adalah koneksi ke network. Saat proses program apt-get berlangsung, network sudah harus terhubung. Dan proses dari booting sampe dengan proses /etc/rc.local ini akan muncul di screen brikutnya. Kalo GDM (login screen) di Alt+F7 (atau Alt+F9), brarti Alt+F8 adalah proses booting sampe /etc/rc.local itu. Disinilah kita bisa tau proses update berlangsung lancar ato tidaknya.

Kalo ternyata proses update via apt-cacher tersebut gagal, coba check file /etc/network/interfaces. Sharusnya brisi spt ini jika network menggunakan eth0 dgn ip dari dhcp server:

auto lo
iface lo inet loopback

auto eth0
iface eth0 inet dhcp


Jika baris terakhir di remark (ato cuman 2 baris pertama saja saja), saat proses apt-get berlangsung, tidak akan ada koneksi ke network. Maka proses update gagal karena tidak menemukan reponya dari apt-cacher.

Oya, dalam keadaan baris terakhir teremark (ato cuman 2 baris pertama saja saja), eth0 dihandle NetworkManager dari Gnome. Jadi stelah login Gnome, eth0 baru bs aktif.


Keep update ;-)

Tidak ada komentar: