13 April 2009

Brother MFC-5890CN on Linux

Ada permintaan printer dan scanner untuk divisi baru. Mereka minta yang udah jadi satu. Jadinya bisa copy/scan/printer sekalian. Awalnya gue kepikiran HP. Tapi sewaktu mereka merevise minta support ukuran kertas A3, wah... lumayan juga harganya merk HP.

Dari pengalaman kita, merk HP dan Brother sangat bagus dukungan untuk Linux. Kedua brand ini punya suuport site khusus Linux yang bener-bener keren. Untuk Epson/Canon, sorry yah. Gue nggak rekomendasikan. Jadi tentu saja gue minta ke MIS untuk bandingkan harga printer multi fungsi baek HP maupun Brother yang tentunya support A3. Wah... Brother bener-bener murah. Hampir separo harga merk HP. Kepilih deh Brother MFC-5890CN untuk di beli :-)

Yang pengen tau, ini spek Brother MFC-5890CN. Tenyata ada dukungan fax juga selain copy/scan/print. Tapi karena fax kita gak pake, jadi di sini dibahas setting Linux untuk fungsi printer dan scannernya saja.

Fungsi Printer

Setelah baca speknya, printer ini mendukung emulasi GDI. Jadi paling simple ya tentu saja coba driver Generic - GDI dari CUPS. Sayangnya hasilnya cetakan print testnya kagak pernah keluar. Gak tau tuh. Mana yang nggak beres. GDI support di printernya? Atau GDI driver CUPS?

Selanjutnya harus coba driver dari support sitenya Brother (link). Dari sini kita dapatkan 2 files .deb yaitu:

mfc5890cnlpr-1.1.2-2.i386.deb

mfc5890cncupswrapper-1.1.2-2.i386.deb

Tapi sebelum menginstallnya, dianjurkan (khusus Ubuntu/Debian) lakukan dulu perintah-perintah berikut:

sudo -i
aa-complain cupsd
mkdir /usr/share/cups/model
ln -s /etc/init.d/cupsys /etc/init.d/lpd
mkdir /var/spool/lpd
dpkg -i mfc5890cnlpr-1.1.2-2.i386.deb
dpkg -i mfc5890cncupswrapper-1.1.2-2.i386.deb


Selanjutnya add printer seperti biasa di CUPS. Dan dibagian driver Brother udah ada MFC-5890CN. Sekali test print, langsung OK.

Oya, itu hanya kita setting di CUPS server saja. Karena langsung kita share. Dan semua client Ubuntu Linux bisa langsung menikmati tanpa perlu di setting apa-apa lagi :-D Bandingin dengan client Windows, satu persatu CD installer for Windows harus di install. Lama lagi prosesnya.

Fungsi scanner

Untuk fungsi scannernya, caranya nggak beda dengan Brother MFC-8460N yang udah pernah gue bahas sebelumnya. Bedanya hanya drivernya. Printer ini gunakan "brscan3" sedangkan artikel sebelumnya pake "brscan2". Tapi cara settingnya 100% sama.

Nih artikel gue tentang fungsi scanner di Brother MFC-8640N:
http://rippingthepenguin.blogspot.com/2008/12/fungsi-scanner-di-brother-mfc-8460n.html

Dan juga kalo pengen gunakan multipage scan di Brother MFC-8640N:
http://rippingthepenguin.blogspot.com/2009/04/fungsi-scanner-di-brother-mfc-8460n-2.html

Goodluck pren


1 komentar:

chris mengatakan...

nice inpoh...thanks y atas informasinya..:D