27 Agustus 2007

Remote desktop di Windows dan Linux client

Semakin banyak client di network, kita membutuhkan solusi remote client. Karena kadang banyak hak bisa diselesaikan dengan meremote client dari PC kita sendiri. Remote client disini bisa secara text (SSH) dan secara GUI. Dimana secara GUI dibagi lagi: session yang dipake user (VNC) dan session yang laen dari yang dipake user (XDMCP di Linux atau RDP di Windows).

Akan dibahas gemana menggunakan VNC di client Linux dan Windows di network kita. Kenapa pake VNC? Karena gratis disediakan untuk Windows dan Linux client. Termasuk Ubuntu sudah menyertakan secara default. Untuk Windows client, silakan download di RealVNC.

VNC sangat berguna untuk membantu user. Tapi bukan untuk memata-matai pekerjaan user. Jadi usahakan, setiap kali meremote client tertentu, akan meminta konfirmasi user terlebih dulu untuk diijinkan atau ditolak. Kalo untuk server, konfirmasi itu tidak perlu diperlukan.

Windows Client

Install di setiap Windows client dengan RealVNC. Versi yang disediakan di situsnya adalah versi 4.1.2. Pada waktu proses install di setiap client, jangan lupa untuk mengaktifkan option di bagian security:

- No Authentication
- Prompt local user to accept connections

Linux client

Ubuntu secara default sudah menyertakan fasilitas ini. Tinggal aktifkan saja dari menu System -> Preferences -> Remote Desktop dengan option:

- Allow other users to view your desktop
- Allow other users to control your desktop
- Ask you for confirmation

Meremote client/server

Untuk meremote harus diperhatikan versi dari VNC. Secara default di feisty menggunakan VNC versi 3.3. Sedangkan client Windows menggunakan versi 4.1. Jadi usahakan menggunakan VNCViewer versi 4.1 juga untuk di Linuxnya. Dan versi ini sudah tersedia di repository Ubuntu. Gunakan perintah berikut:

sudo apt-get install xvnc4viewer

Untuk meremote client, jalankan utilty TSClient dari menu Applications -> Internet -> Terminal Server Client. Masukkan hostname (atau ip address) dan pilihlah protocol VNC. Semua client Linux dan Windows sekarang bisa Anda remote tanpa masalah lagi. Untuk memunculkan VNC menu, geser mouse diatas jendela remote client (Windows atau Linux) yang sedang terbuka, lalu tekan F8. Akan disediakan submenu 'Send Ctrl+Alt+Del' yang sangat berguna untuk meremote Windows Server.

VNC di server Linux

Kalau menginginkan meremote server Linux dengan VNC, hal itu bisa dilakukan. Tapi jangan gunakan fasilitas Remote Desktop yang sudah disediakan Ubuntu untuk server Linux. Karena fasilitas ini akan berfungsi saat login saja. Solusinya, gunakan software X11VNC yang dah include di repository Ubuntu.

sudo apt-get install x11vnc

Lalu tambahkan command berikut ini di /etc/rc.local:

/usr/bin/x11vnc -forever

Setelah restart, servernya siap di remote. Kalau tidak mau menunggu restart, coba tekan Alt+F2 dah tuliskan perintah diatas.

Goodluck pren

1 komentar:

heri mengatakan...

Blog keren ...
isinya bagus2 buat belajar para newbie spt saya.
Semoga sukes migrasinya.

Salam,