29 Januari 2008

Upgrade all client to Gutsy

Rencananya semua client akan pake versi LTS. Kalo bisa versi depan itu. Tapi rupanya kita temukan beberapa kendala di OpenOffice.org 2.2 yang di pake di Feisty. Beberapa file bikinan MS.Office (kebanyakan .XLS) pada lama banget bukanya. Terutama file yang gede ukurannya. Stelah cari solusi, ternyata problem itu gak muncul di OpenOffice.org 2.3 di Gutsy maupun OpenOffice.org 2.3 for Windows juga. Akhirnya, satu persatu semua client di upgrade ke Gutsy secara Online.

Satu client butuh 1.5 jam sampe 2 jam saja. Karena kita gunakan apt-cacher, jadi semua paket installasinya dah ada di cache apt-cacher. Login masing-masing user gak bisa digunakan utk proses ini. Karena login user hanya sebagai "Desktop User". Jadi gak bisa lakukan command "sudo". Kita gunakan account "sysadmin" untuk proses upgradenya.

Semua client bisa di upgrade dengan mudah. Tinggal login sebagai sysadmin dan update-manager di jalankan. Akan muncul tombol upgrade to Ubuntu versi 7.10. Lalu ikutin aja langkah itu sampe selesai.

Karena internet di sini lumayan strict, proses update dan upgrade Ubuntu hanya diijinkan lewat apt-cacher saja. Sesuai sources.list yang dah kita arahin ke apt-cacher local. Jadi proses upgrade ke 7.10 harus memodifikasi sedikit squid agar proses upgradenya lancar.

Berikut configurasi tambahan squid.conf:

# upgrade ubuntu new version
acl ubuntu_upgrade dstdomain archive.ubuntu.com us.archive.ubuntu.com
http_access allow ubuntu_upgrade


Stelah itu, restart aja squid ato "squid -k reconfigure". Maka smua client siap di upgrade.

Kendala yang muncul, ada 1 client yg gak bisa muncul menu/button ke versi 7.10. Dah di obok2 tetep aja. Akhirnya khusus 1 pc itu aja, dirubah ip nya dan di tol kan saja ke internet (tapi tetep sources.list nya ke apt-cacher local). Baru muncul deh. Dan bisa di upgrade spt yg laen.



Powered by ScribeFire.

Tidak ada komentar: