07 September 2008

Keyboard layout Thai

Minggu ini semua MIS di sini udah pake Linux. Masih dual boot sih. Tapi mreka dah mau mulai. Baek supportnya maupun programmernya. Semua mulai coba-coba Ubuntu 8.04 LTS Edition. Well... mreka enjoy banget. Maklum masih awal :-D

Sempet kaget and kuatir. Karena salah satunya dapat artikel dari internet langsung di forward ke semua MIS. Emang sih gue slalu ajarin saling bagi kalo ada hal bagus dari Internet. Tapi yang ini sempet buat gue kuatir. Karena mreka dapat artikel tentang setting keyboard layout Thai dengan TIS-820.

Awalnya bingung juga. Gue kira keyboard Thai cuman itu-itu aja :-D Setelah obok-obok internet gak dapat hasil, akhirnya ngoprek di desktop gue. Dapat deh kepastian yang bener seperti apa tuh keyboard layout Thai. Ini penting bagi gue. Jangan sampe setting yg gak bener mreka lakukan di client. Karena jawaban MIS beda-beda, client justru akan bingung.

Rupanya Ubuntu cukup lengkap keyboard layoutnya. Dari menu System - Preferences - Keyboard, Tab Layout, lalu Add saja tuh (just utk liat doang. Tai gak perlu Add beneran). Pilih Layouts Thailand. Terdapat 3 pilihan layout:
  • Default
  • Pattachote
  • TIS-820.2538
Setelah gue bandingkan secara visual, berikut hasilnya perbandingan Default layout dan TIS-820.2538 layout:

Default layout (Thai)



TIS-820.2538 layout (Thai)



Ternyata layout default Ubuntu (utk Thai) dah bener tuh. Udah sama seperti keyboard yang di desktop gue. Sedangkan TIS-820.2538 layout justru beda dikit. Cuman 5 tombol aja sih. Tuh dah gue kasih warna merah perbedaannnya. Sedangkan layout Pattachote beda jauh (alias beda total).

Lalu gue cetak aja ke 3 layout tadi di kertas A4. And gue kasihkan ke pengirimnya artikel tadi. Sambil kasih pesen, cek deh yg mana yg bener. And email gue bales juga dengan attach ke 3 layoutnya.

Well done :-D





Tidak ada komentar: