19 Februari 2009

Pengganti WinFax di Ubuntu

Salah satu client yang harus di migrasikan ke Ubuntu Linux adalah fax server. Rupanya sama salah satu MIS di install WinFAX Profesional Edition. Dan yang dipake adalah versi bajakannya :-D

Setelah liat kebutuhan, rupanya client WinFAX ini hanya untuk terima fax saja. Setiap fax yang masuk ke WinFAX software, akan di save ke My Documents dulu. Lalu kirim email dengan melampirkan fax tadi. Heran? Ribet banget yah. Padahal dari WinFAX bisa langsung forward ke email tuh :-D

Dulu di Jakarta gue ada pengalaman menggunakan HylaFAX. Jadi bukan hal sulit untuk mengintall software ini. Setiap fax yang masuk, akan dikirim email ke fax operator. Tapi dari diskusi sama MIS, akhirnya cari webbase interface untuk HylaFAX. Sehingga semua operasinya via web. Dan ini akan memudahkan user dan MIS untuk mantau.

Dari Googling nemu yang namanya AvantFAX. Interfacenya sangat simple dan sudah sesuai kebutuhan kita. Nggak perlu interface yang sok canggih deh. Dari ujicoba di PC gue, walau belum bisa sambung ke LDAP, tapi interfacenya bagus and sangat ringkas. Rutinitas yang dulu dilakuin di WinFAX, semua bisa dilakukan di web.

Karena gue nggak mau matiin WinFAX selama ujicoba, cukup dengan komputer Pentium III dan 512MB memori. Dan tentunya Ubuntu 8.04 LTS Edition.
  • Configure modem. Modem external akan mudah disini.
  • Install hylafax-server dan berikutnya akan dituntun melakukan setup HylaFAX.
  • Download AvantFAX dan jalankan aja script "debian-install.sh"
Ready deh AvantFAX di http://localhost. Jika mau nambah user, ke http://localhost/admin.

4 komentar:

Wisu mengatakan...

Iyup! gue juga pake AvantFax... mantabs...

99 mengatakan...

Mohon bantu dishare cara Configure internal modem di laptop dan cara setup HylaFAX.

Maaf ini caranya gimana, saya newbie nih takut error
HylaFAX configuration parameters are:

[1] Init script starts faxq: yes
[2] Init script starts hfaxd yes
[3] Start paging protocol: no
Are these ok [yes]?

Gimana cara deteksi modemnya kak?
Serial port that modem is connected to [ttyS0]?

Salam,

Candra

Lutfi mengatakan...

@99/Candra:
Ya ikutin aja alur setupnya winfax. Kalo nggak ngerti, tinggal enter-enter aja (alias pilih default lah).

Kalo deteksi modem, pastikan dulu modemnya dikenalin Linux yah. Cek di log /var/log/syslog aja. Ato paling simple, gunakan "wvdial" untuk deteksi. Kalo dikenali wvdial, tinggal di link ke ttyS0 aja.

Aditya Darmawan mengatakan...

Wah terima kasih banyak mas. Blog yang bermanfaat. Saya sampai explore semua postingannya. Hehehe...