17 Februari 2009

Update lewat /etc/rc.local

Kadang kalau lagi support ke client, Linux client juga gue check. Sekedar check apa ada yang tidak beres. Terutama fokus pada proses updatenya. Ternyata beberapa client tidak bisa terupdate.

Tidak jelas apa yang mereka lakuin. Tapi sepertinya proses update terputus saat lagi proses. Seperti misalnya, listrik padam, user tekan reset, dan laennya. Akhirnya setelah restart, proses update tidak akan mau jalan. Errornya seperti biasa, harus jalankan command "dpkg --configure -a".

Kalau pernah baca artikel gue tahun lalu (disini), semua client disini harus selalu update setiap kali PC start up dengan perintah ini:

/usr/bin/apt-get clean
/usr/bin/apt-get update
/usr/bin/apt-get -y dist-upgrade


Ini penting. Karena semua user disini menggunakan username dari LDAP. Dan semuanya hanya level user. Artinya tidak bisa menjalan update yang membutuhkan level root (dengan sudo). Kecuali group MIS saja yang bisa melakukannya. Dan kita sebagai MIS tidak mungkin harus jalankan update dari satu komputer ke komputer yang laen. Jadi solusinya ya harus console. Lebih simple aja.

Dan sekarang perintah itu gue update seperti ini:

/usr/bin/dpkg --configure -a
/usr/bin/apt-get clean
/usr/bin/apt-get update
/usr/bin/apt-get -y dist-upgrade



Jadi bila ada kejadian error seperti sebelumnya, setelah PC restart akan melanjutkan proses updatenya. Well ... proses update ini jauh lebih simple dengan Ubuntu Linux. Coba deh Windows ... lebih mumet and ribet :-D

Goodluck pren

Tidak ada komentar: