16 Februari 2009

Ubuntu 8.10 di Compaq Presario CQ45

Yang ini satu lagi notebook. Milik bos juga. Waktu beli 3 bulan lalu emang tanpa OS. Edisi yang pake OS lagi kosong. Karena maunya Compaq model ini, ya silakan deh. Tapi nyatanya notebook sampe sudah terisi Vista. Aneh juga kan. Dan dia seneng sekali karena dapat Vista :-D

Setelah bulan ke 3, dia datang sambil marah-marah. Kenapa pelan?

MIS sempet cek lalu kasih tau. Emang pelan nih!!! Gue minta downgrade ke XP. Tapi mereka coba tidak ada hasil. Cek ke support sitenya. Emang cuman untuk Vista. Belum dapat satupun solusi untuk install XP dari Google.

Lalu gue cek lebih detil lagi. Karena punya bos nggak enak kalo nggak bisa kelar problemnya. Akhirnya keputusan gue, coba full scandisk, install SP1 untuk Vista. Bah ... total 15 jam proses baru kelar tuh. Dah hasilnya mengecewakan. Masih pelan sekali :-(

Duh ... gue paling benci OS yg satu ini. Bener nyusahin. Apalagi bos yang satu ini orang Korea. Susah percaya sama orang. Bener-bener menyebalkan kalo dia datang dan liat masih nggak ada solusi dari MIS. Padahal Vistanya yang resek. Bukan divisi gue. Mending gue install Ubuntu deh. Paling nggak Ubuntu nggak lemot seperti Vista. Dan paling nggak dia tau kalo problem di OS. Bukan hardware seperti yang gue pernah bilang ke dia. OK. Kalau diliat dia cuman baca-baca internet dan cek email, nggak ada salahnya kasih coba.

Instalasi Ubuntu 8.10 berjalan lancar. Dan berikut ini hasil command "lspci":


00:00.0 Host bridge: Intel Corporation Mobile 4 Series Chipset Memory Controller Hub (rev 07)
00:02.0 VGA compatible controller: Intel Corporation Mobile 4 Series Chipset Integrated Graphics Controller (rev 07)
00:02.1 Display controller: Intel Corporation Mobile 4 Series Chipset Integrated Graphics Controller (rev 07)
00:1a.0 USB Controller: Intel Corporation 82801I (ICH9 Family) USB UHCI Controller #4 (rev 03)
00:1a.1 USB Controller: Intel Corporation 82801I (ICH9 Family) USB UHCI Controller #5 (rev 03)
00:1a.7 USB Controller: Intel Corporation 82801I (ICH9 Family) USB2 EHCI Controller #2 (rev 03)
00:1b.0 Audio device: Intel Corporation 82801I (ICH9 Family) HD Audio Controller (rev 03)
00:1c.0 PCI bridge: Intel Corporation 82801I (ICH9 Family) PCI Express Port 1 (rev 03)
00:1c.1 PCI bridge: Intel Corporation 82801I (ICH9 Family) PCI Express Port 2 (rev 03)
00:1c.2 PCI bridge: Intel Corporation 82801I (ICH9 Family) PCI Express Port 3 (rev 03)
00:1c.3 PCI bridge: Intel Corporation 82801I (ICH9 Family) PCI Express Port 4 (rev 03)
00:1c.4 PCI bridge: Intel Corporation 82801I (ICH9 Family) PCI Express Port 5 (rev 03)
00:1c.5 PCI bridge: Intel Corporation 82801I (ICH9 Family) PCI Express Port 6 (rev 03)
00:1d.0 USB Controller: Intel Corporation 82801I (ICH9 Family) USB UHCI Controller #1 (rev 03)
00:1d.1 USB Controller: Intel Corporation 82801I (ICH9 Family) USB UHCI Controller #2 (rev 03)
00:1d.2 USB Controller: Intel Corporation 82801I (ICH9 Family) USB UHCI Controller #3 (rev 03)
00:1d.3 USB Controller: Intel Corporation 82801I (ICH9 Family) USB UHCI Controller #6 (rev 03)
00:1d.7 USB Controller: Intel Corporation 82801I (ICH9 Family) USB2 EHCI Controller #1 (rev 03)
00:1e.0 PCI bridge: Intel Corporation 82801 Mobile PCI Bridge (rev 93)
00:1f.0 ISA bridge: Intel Corporation ICH9M LPC Interface Controller (rev 03)
00:1f.2 SATA controller: Intel Corporation ICH9M/M-E SATA AHCI Controller (rev 03)
00:1f.3 SMBus: Intel Corporation 82801I (ICH9 Family) SMBus Controller (rev 03)
03:00.0 Network controller: Intel Corporation PRO/Wireless 5100 AGN [Shiloh] Network Connection
04:00.0 Ethernet controller: Realtek Semiconductor Co., Ltd. RTL8101E/RTL8102E PCI Express Fast Ethernet controller (rev 02)
05:00.0 System peripheral: JMicron Technologies, Inc. SD/MMC Host Controller
05:00.2 SD Host controller: JMicron Technologies, Inc. Standard SD Host Controller
05:00.3 System peripheral: JMicron Technologies, Inc. MS Host Controller
05:00.4 System peripheral: JMicron Technologies, Inc. xD Host Controller


Dan hasil command "lsusb":


Bus 008 Device 003: ID 090c:c371 Feiya Technology Corp.
Bus 008 Device 001: ID 1d6b:0002 Linux Foundation 2.0 root hub
Bus 003 Device 001: ID 1d6b:0002 Linux Foundation 2.0 root hub
Bus 006 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 007 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 005 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 004 Device 003: ID 04d9:0499 Holtek Semiconductor, Inc.
Bus 004 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 002 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 001 Device 003: ID 03f0:171d Hewlett-Packard Wireless (Bluetooth + WLAN) Interface [Integrated Module]
Bus 001 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub


Hampir semua terdeteksi dengan baek. Compis juga langsung jalan karena VGA nya pake Intel. Cam langsung OK. Wireless juga OK.Bluetooth OK. Sepertinya OK semua kecuali sound aja tuh nggak berfungsi. Ini terdengar jelas keanehan sound saat login GDM. Sound akan mengulang-ulang tapi nggak sempurna.

Setelah ke UbuntuForums.org dapat solusinya. Tambahkan 2 baris berikut di file /etc/modprobe.d/alsa-base:

options snd-hda-intel model=hp-ma
options snd-hda-intel enable_msi=1


Dan setelah restart, sound sudah berjalan sempurna. Perfect.

Met coba bos :-D

6 komentar:

made hendra mengatakan...

Saluto bos, jadi pengen ngingstall Ubuntu di Laptop Compaq Presario v3000 gue, kira2 bisa ga ya.. .. ..

Lutfi mengatakan...

Coba dulu aja pake LiveCD Ubuntu 8.10. Ntar kan bisa tahu yang nggak beres apa tuh.

WaOne Palesu mengatakan...

Terimakasih, Saya coba di Sabily 9.04 pada Laptop Compaq CQ45 punya saudara, alhamdulillah berhasil, terimakasih
http://waonepalesu.blogspot.com

ITe's World mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

bos,

gw coba di Ubuntu 9.0x 64bit nda bisa yah?
apa cara ini emang nda bisa diterapin di 64bit?

Lutfi mengatakan...

Wah sorry. gak bs bantu nih
Blon pernah coba yg 64bit nih
Coba check ke forum/milist 'alsa'