13 Maret 2009

Koneksi OpenOffice.org for Linux ke server SQL

Gue sempet komplain ke salah satu programmer. Karena terlalu sibuk sama permintaan CEO baru, gue minta bantuan mereka untuk dapetin data-data di server SQL dan langsung di proses pake DataPilot di OpenOffice.org. Eh... tenyata Linuxnya di restart. Dan ganti ke Windows. Gue tanya kenapa pake Windows? Karena OpenOffice.org for Linux gak bisa sambung ke MSSQL dan Oracle Server. Walah ... Bukannya mempercepat kerjaan gue. Justru masih harus ngajarin lagi :-D

Nggak beda sama OS Windows, di Linux ada 2 solusi juga. ODBC driver dan JDBC driver. Kali ini gue akan bahas pake JDBC (ODBC versi Java). Karena lebih gampang aja settingnya. Dan bisa dipake juga cara ini untuk OS laen. Bisa Linux, Windows ataupun Macintosh.

Berikut JDBC driver yang udah disediakan Ubuntu repository:
  • libmysql-java (untuk server MySQL)
  • libpg-java (untuk server PostgreSQL)
  • libjtds-java (untuk server MSSQL)
JDBC driver yang tidak include di Ubuntu repository:
  • jtds (libjtds-java diatas belon ada di Ubuntu 8.04 LTS)
  • ojdbc (Oracle JDBC Thin untuk server Oracle)
Installasi

Untuk 3 driver pertama yang sudah include di Ubuntu repository jadi sangat mudah. Lakukan ini:

sudo apt-get install libmysql-java libpg-java libjtds-java

Khusus jtds untuk Ubuntu 8.04 LTS:
  • Download jtds-1.2.2-dist.zip
  • sudo -i
  • mkdir /usr/share/java/jtds-1.2.2/
  • unzip /path/jtds-1.2.2-dist.zip -d /usr/share/java/jtds-1.2.2/
  • cd /usr/share/java
  • ln -s /usr/share/java/jtds-1.2.2/jtds-1.2.2.jar jtds.jar
Untuk ojdbc (misal gue pake Oracle 8.1 nih):
  • Download ojdbc14.jar
  • sudo -i
  • cp /path/ojdbc14.jar /usr/share/java/
  • cd /usr/share/java/
  • ln -s ojdbc14.jar ojdbc.jar
Setting OpenOffice.org

Secara default OpenOffice.org di Ubuntu bisa kenalin JDBC driver untuk MySQL dan PostgreSQL. Jadi khusus 2 database tadi, cukup installasi paket diatas, langsung bisa dipake. Sedangkan untuk jtds dan ojdbc, harus ditambahkan secara manual. Lakukan seperti ini:
  • Buka saja OpenOffice.org Writer atau Calc
  • Klik menu Tools - Options - Java
  • Harus aktifkan Java yah :-D
  • Klik ClassPath
  • Klik Add Archive
    Dan masukkan /usr/share/java/jtds.jar dan /usr/share/java/ojdbc.jar


Kemudian restart OpenOffice.org nya agar bisa meloading ke 2 driver tambahan itu.

Mencoba OpenOffice.org Base

Buka OpenOffice.org Base. Akan muncul wizard yang menuntun kita menkonfigurasi berbagai macam server SQL. Dua server SQL yang langsung ready dipake di sini adalah MySQL dan Oracle. Tentu saja mudah karena udah tersedia di drop down menunya.

Sedangkan MSSQL dan PostgreSQL tidak ada di drop down menunya. Maka kita harus memilih JDBC. Berikut ini contoh untuk MSSQL:



Masukkan Datasource dan JDBC Driver Class sebagai berikut:

Datasource URL:
jdbc:jtds:sqlserver://SERVER-NAME/DB-NAME

JDBC Driver Class:
net.sourceforge.jtds.jdbc.Driver



Jangan lupa klik Test class untuk mengetahui driver JDBC nya berhasil terinstall nggak tuh.



Masukkan username dan password untuk mengakses database.



Dan test connectionnya untuk mengetahui hasilnya.



Terakhir register database itu ke system OpenOffice.org. Sehingga terintegrasi ke semua component OpenOffice.org.



Dan kita akan diminta menyimpan setting koneksi ini ke dalam file .ODB.


Mengakses MSSQL di OpenOffice.org Base

Sekarang kita bisa menikmati database di MSSQL di dalam Openffice.org. Silakan explorer OpenOffice.org Base. Karena banyak kemampuannya bisa kita gunakan.



Mengakses MSSQL di OpenOffice.org Calc/Writer

Gue paling demen gunakan OpenOffice.org Calc. Karena fasilitas DataPilot sangat membantu banyak sekali kebutuhan user. Dan untuk memunculkan database yang udah teregister, cukup klik menu View - Data Sources (F4). Kita bisa mengakses semua table dan query.




Untuk yang butuh PosgreSQL berikut ini penting:

Datasource URL:

jdbc:postgresql://SERVER-NAME/DB-NAME

JDBC Driver Class:
org.postgresql.Driver


So pren, kata sapa tanpa M$ nggak bisa kerja? :-D

4 komentar:

cahyo mengatakan...

mantap bro, jadi ngiri nih....

sapisuper mengatakan...

keren jeh...

Anonim mengatakan...

kalau mengakses SQL server langsung melalui OO-Calc bisa tidak?? sehingga tidak usah buat di OO-Base

thx

Lutfi mengatakan...

Kalo OpenOffice.org udah tersambung, semua component OO (termasuk OO-Calc) bisa akses data di server tujuan.