23 Maret 2009

Mengurangi Oracle bajakan

Minggu ini gue seneng banget. Dari 3 Oracle server, sekarang udah berkurang. Menjadi 1 Oracle server saja. Well... akhirnya 2 pirate Oracle server udah menghilang :-D

Pertama kali datang ke Thailand, udah 6 server gue sikat. Karena terlalu banyak server yang nggak perlu. Juga karena kebanyakan bajakan :-D Dan yang paling runyam adalah Oracle server ini. License cuman 1 saja. Tapi mereka pake 3 server. Itu udah terjadi selama 5 taon terakhir.

Dua bulan lalu udah kurang 1 Oracle server. Dan setelah liat performance CPU via MRTG, kinerjanya masing belon maksimal. Jadi masih bisa digabung aja. Cuman karena terlalu rumitnya software yang pernah dibikin programmer sebelumnya, sempet molor. Juga kesibukan laen yang membuat susah ngatur waktu.

Akhirnya setelah beberapa software ditulis ulang, dan bisa jalan di 1 Oracle server saja, mati juga tuh Oracle server ke 3. Lengkap udah ke 2 Oracle server bajakannya dimatiin. Tinggal 1 Oracle server yang kita punya dan license. Walo versi kuno, paling nggak tahap awal gue harus pelihara dulu.

Dua Windows server (ke 2 nya license) yang kita punya cuman Oracle + MSSQL. Keduanya adalah peninggalan jaman taon jebot dari manager MIS lama. Yah biasalah. Maen install tanpa pikir license. Jadi nggak usah heran kalo gue harus mereducenya sehingga fit dengan license yang kita punya. Oracle digunakan untuk custom program di pabrik yang dulu dibikin pake Delphi. Sedang MSSQL untuk Navision.

Mungkin dalam 2 taon ke depan (stelah proses migrasi Netware ke Linux udah kelar), gue akan kasih solusi laen. Tapi sementara ini, semua pengembangan software baru oleh programmer kita pake MySQL. Dan hampir semua applikasinya menggunakan webbase.


2 komentar:

Anonim mengatakan...

o bisa ya print langsung dari php ke printer tanpa lewat pdf dulu, thx ya atas info nya, bisa minta ref lengkap nya? contoh script php nya?

Lutfi mengatakan...

Bisa tulis ulang komentarnya di artikel "PHP dan printing ke continuous form"? Komentar ini spt nya nggak pas di artikelnya. Ini kan artikel tentang "Mengurangi Oracle bajakan".

Kalo udah pas, ntar gue akan jelasin lebih detil deh ;-)