09 Juni 2008

Time Server for local client

Linux menyediakan fasilitas sinkronisasi waktu dengan server-server di internet. Sudah sejak lama lagi. Kalo Windows baru dimulai dr XP. Tapi Linux menyuguhkan fasilitas lebih di banding Windows server. Khusus utk time server. Karena time server yg dihandle oleh service ntpd ini, bisa digunakan utk semua client di network kita (Linux dan Windows). Bahkan device spt print server, fax, multi fungsi device dan laennya bisa pake semuanya.

Di Ubuntu secara default sudah di sediakan paket "ntpdate". Stiap kali koneksi network terdeteksi, maka software ntpdate akan langsung mensinkronkan waktu pc ke time server "ntp.ubuntu.com". Cek aja tuh file /etc/default/ntpdate yang berisi time server ntp.ubuntu.com dan script /etc/network/if-up.d/ntpdate. Jadi jangan heran kalo waktu di pc kita slalu tepat ;-)

Cara buat time server:

Itu semua cocok utk standalone. Untuk lingkungan office yg terproteksi firewall, biasanya akan ditutup tuh. Jadi ada baeknya sediakan satu server yang berfungsi menjadi time server lokal. Berikut caranya install time server di ip address 192.168.0.1:
  1. Install pake ntp dengan cara:
    sudo apt-get install ntp
  2. Editlah konfigurasinya /etc/ntp.conf:
    sudo nano /etc/ntp.conf
  3. Pada baris paling bawah, tambahkan baris brikut jika segment network 192.168.0.0/24:
    restrict 192.168.0.0 mask 255.255.255.0 nomodify notrap
  4. Simpan dan restart lah service ntp:
    sudo /etc/init.d/ntp restart
Dalam waktu lima menit server itu tersinkron dengan ntp.ubuntu.com. Dan dari client bisa kita coba. Lakukan dengan cara ini:

sudo ntpdate 192.168.0.1

Konfigurasi klien Ubuntu:

Bisa saja masukin "ntpdate 192.168.0.1" ke file /etc/rc.local. Itu sebenernya dah cukup. Sehari skali client nyalakan pc akan langsung tersinkron waktunya.

Cara laen, rubahlah nama server "ntp.ubuntu.com" dalam file /etc/default/ntpdate menjadi hostname/ip address dr time server kita. Simple kan ;-)

Ke dua cara diatas, dah cukup. Client gak perlu install paket "ntp". Bisa juga utk digunakan server2 Linux yg laen. Cuma kalo server mending install ntp. Juga notebook deh. Karena notebook kan gak slalu dlm network kita.

Tapi kalo mo setting secara GUI, juga bisa. Klik kanan aja jam di panel Gnome. Lalu klik "Adjust Date & Time". Samakan Time zone dengan server. Bagian Configuration pilih "Keep syncronized with internet servers". Di Time servers, non aktifkan ntp.ubuntu.com, tambahkan ip time server lokal, dah aktifkan.





Konfigurasi klien Windows:

Untuk Windows XP, dah disediakan. Klik kanan jam di taskbar. Klik adjust date/time. Tap internet time masukkan server kita.



Untuk Windows 98 s/d Windows 2000 coba pake salah satu dr ini http://www.snapfiles.com/Freeware/network/fwtimesync.html. Sayangnya di Windows Server 2003 blon juga ada tuh :p

Notes:
Perhatikan time zone di pc. Bisa berpengaruh saat sinkronisasi!!!





Tidak ada komentar: