16 Juli 2008

Memerangin virus ...

Awalnya gue kaget juga waktu pindah kemari. Dari network di Jakarta yang gue tangani hampir 8 taon tanpa virus. Sekarang disini masih seperti 8 taon lalu. Hal berikut ini yang gue temukan dan udah dianggap wajar oleh mereka:
  • Virus
    It's normal cause almost all client Windows (itu menurut bos gue). Jadi jangan heran, tiap hari puluhan (bukan satuan loh) virus di nyamperin Outlook Express. Bahkan ada user yang bs melewati angka 50. Ya bos gue itu :-D
  • Spam
    This too.... :-D
  • Klupaan update antivirus, user akan disalahkan MIS nya. Sialnya.... user-user yang dilevel Manager or Director, weleh...mana berani MIS nyalahin :-p
  • Gabungan keduanya, virus and spam terkirim ke group mail (/etc/alias) langsung ke everyone@domain. Beneran tuh. Ke semua mailbox. Skali kirim berhasil tuh spammer n virus masuk ke pc smua orang :-D
Itu disini client yah. Sekarang coba bandingkan disisi server:
  • 4 Redhat Linux 7.3
    Tanpa pernah diupdate and dah berhasil dibobol. Beberapa MIS bisa linux hanya skedar add user. Hehhhhh :-|
  • Beberapa Windows Server
    Tanpa pernah update and bahkan ada yg gak pake antivirus :-|
  • Sebuah netware server
    Ribetnya cuman satu aja nih netware. Sepertinya gak untuk nyimpen data. Nyimpen virus tuh. Karena stiap user komplain ada virus kalo dah akses ini server :-D
So... Bisa bayangin. Gue punya target 1 bulan untuk bersihin virus. Mungkin gak tuh...


Tidak ada komentar: