13 Juli 2008

OpenOffice.org 3.0 Beta2 di Ubuntu Hardy

Dah genap 3 bulan gue di Thailand. Emang blon banyak gue tulis disini tentang proses migrasinya. Gak perlu kuatir. Simak aja terus deh. Gue bagi smuanya tanpa di tutupin. Untuk tahap awal ini, gue masih cari tau seputar linux untuk 1 taon ke depan. Jadi...masih coba-coba apa aja. Mau pake pengalaman migrasi di Jakarta untuk disini. Tapi harus diexpand sehingga lebih mudah deh untuk ke depannya.

Kali ini gue coba OpenOffice.org 3.0 Beta2 di notebook gue. Gak perlu kuatir. Karena OpenOffice.org 2.4.1 di Ubuntu 8.0.4.1 masih utuh dan aman. Versi barunya terinstall di directory /opt. Jadi aman skalllleeeeee :-p

Coba baca aja nih features barunya yg menawan:

http://marketing.openoffice.org/3.0/featurelistbeta.html

Dan bisa download aja dr sini:

http://download.openoffice.org/3.0beta/

Hasilnya bs diinstal dengan gampang:

tar zxvf OOo_3.0.0beta2_20080707_LinuxIntel_install_en-US_deb.tar.gz
cd BEB300_m3_native_packed-1_en-US.9328/DEBS
sudo dpkg -i *.deb


Tinggal bikin shortcut di panel atas Gnome utk cobanya. Atau pake Alt+F2:

/opt/openoffice.org3/program/soffice

Coba deh. Cari tau sebelum yg laen lebih tau.


2 komentar:

Anonim mengatakan...

cara uninstall-nya gimana?

Lutfi mengatakan...

Ya simple aja lah:

sudo apt-get remove openoffice.org3

Atau bisa juga spt ini:

sudo rm -Rf /opt/penoffice.org*