02 November 2008

Linux sulit?????

Seorang temen dari bagian Production Plan beli notebook baru. Minta tolong gue untuk install. Maklum.... tanpa OS belinya. Merk notebooknya Acer. Well...Acer? Quality hardware lumayan bagus. Tapi supportnya... sorry. Gue bilang disini "Jelek". Bahkan parah :-D

Sorry. Bukan jelek-jelekin rekan-rekan yang kerja di Acer. Tapi coba bayangin. Waktu beli dibilang penjualnya pake Linux (maksudnya Linpus Linux). Tapi waktu dinyalain, cuman Linux text doang. Tanpa GUI sama sekali :-D Ini yang buat gue tahun lalu akhirnya nggak jadi beli Acer.

What you think if seller tell notebook with Linux? Right, Linux with GUI. But this is diffrerent. Although Linux is free, Acer do not want to install it on their notebook. Just Linpus like DOS prompt only. So ... What is different notebook without OS and notebook with Linpus Linux???? Acer use word "Linux" only without full GUI Linux is ... ride new Linux wave!!! So Acer... don't fool me :-p

Seorang temen gue di Production Plan juga, yang lumayan ngerti Windows coba membantu setelah tau gue lagi sibuk berat waktu itu. Dia tanya CD XP. Karena gue ada original (untuk kebutuhan migrasi), gue kasih. Tentu saja tanpa serial number. Box CD with serial number XP tetep di meja gue. Karena emang blon sempet aktifasi.

Setelah 2 jam dia balek, tidak bisa di install. Lalu gue cek manualnya dan cd driver, cuman untuk Vista. Duh ... :-D Waktu dia tanya, gue bilang hanya bisa install VISTA atau LINUX. Gue nggak punya Vista. Dan emang company nggak punya Vista. Beberapa notebook personal pake Vista (OEM) tanpa DVD nya. Dapat waktu beli notebook. So hanya ada CD XP dan Ubuntu Linux 8.04 LTS Edition. Dia usaha tanya temen juga gak ada yang punya. Akhirnya ditunda karena dia mau beli Vista bajakan. Dan tetep nggak mau sentuh CD Ubuntunya :-D

Karena sudah deket weekend, dia bawa pulang notebook itu. Paginya sudah terinstall XP. Tapi ... karena nggak ada driver XP tentu saja nggak sempurna. Hampir semua hardware gak bisa berjalan. Setelah diliat di device manager, well... harus dapat driver for XP deh.

Dia browsing internet. Setengah hari baru ke meja gue. Driver ada cuman Vista katanya. Gue kasih solusi kenapa nggak tanya Acer support center atau penjual notebooknya? Ribet katanya. Penjual bilang nggak ada support XP untuk notebook itu. So... pilih aja. Vista or Ubuntu :-p

Dia usaha cari lagi. Kali ini dia pake driver dari model notebook Acer yang laen. Tapi yang kurang lebih sama hardwarenya. VGA Intel....dia coba download and install. Berhasil monitor sudah bagus sekarang. Berikutnya WLAN Atheros... gagal. Gak bisa. Realtek Audio... gagal juga. Sampe sore gak ada hasil yang memuaskan.

Tapi CD Linux tetep gak disentuhnya :-D

Akhirnya dia nyerah. OK, Ms.Office aja deh. Drivernya nyusul. So... gue ada 2 pilihan. Ms.Office XP OEM, Ms.Office 2007 OLP atau OpenOffice.org 3.0? Dua yang pertama original tapi serial number gue save. Murni CD doang. So... dia pilih install OfficeXP.

Berikutnya dia balek tanya serial number, walah. Sorry nggak bisa kasih lah. Untuk kebutuhan migrasi. Terpaksa dia cari di internet. Sampe 3 jam berikutnya gue tanya, blon dapat yang cocok dari beberapa kali download. Blon lagi dia komplain benci banget download serial number karena site-site underground suka sekali popup iklan and install spyware :-D

Setelah dapet, itu artinya XP and OfficeXP terinstall, dia balek lagi. Minta aktifasi tuh. Gemana? Wah... jangan tanya gue dong. Loe aktifasi aja. Kan notebook itu dah tersambung ke internet. Dia coba, tapi gagal. Kan ke duanya pake serial number dari underground :-D

So .... Linux sulit??? I think you make your live difficult with Windows :-p

Install Linux and faster that your legacy OS
Install Linux and everything without serial number
Install Linux and without activation
Install Linux and no need another cd/dvd
Install Linux and no virus
Install Linux ... make your live simple and fun :-p


12 komentar:

silent mengatakan...

hahahaha, good post!
Satu lagi, install linux, bisa disambil browsing2 internet[1]:D

[1]Tentunya yang model instalasi seperti liveCD ubuntu.

Anonim mengatakan...

Sekitar tahun 2006, saya juga beli Laptop Acer Aspire 3004 NWLMI. Juga dengan Linpus Linux, lucunya dalam isi cd nya kok nggak ada driver untuk Linux, yang ada driver untuk windows?? Saya cari di situsnya ACER bagian download juga nggak ada driver Linux untuk laptop tsb??
Bahkan waktu saya cari driver Linux untuk SIS M760GX (kartu grafis/chipset laptop tsb) di situs resminya kartu grafis (website SIS) juga nggak ada.
Intinya Laptop Acer tersebut dijual dengan sistem operasi Linpus Linux tapi nggak menyediakan support driver Linux(nggak tau kalo sekarang, tapi membaca tulisan di atas kayaknya masih belum menyediakan juga). Jeleknya lagi isi software2 pendukung dalam cd nya tidak sesuai dengan stiker yang tertempel pada laptopnya (ada software tertentu yang seolah2 terdapat dalam cd karena tertulis dalam stikernya, bahkan stikernya ditempel di laptop, tapi ternyata tidak ada dalam cd). Jadi kesan saya pembuatan cd nya agak "ngawur".
Sebenarnya saya tdk suka membicarakan kejelekan orang lain, jadi mohon maaf kalo ada yang tidak berkenan, maaf kalo ada kata2 saya yang salah. Tapi sepertinya kalo ada kesempatan untuk membeli laptop lagi, saya kemungkinan besar tidak akan membeli laptop Acer.

udey mengatakan...

Kekekeke.... Mo modal hacking kok nggak sekalian tu orang.. huh.. malu2in aja... Udah bajak kok gak pinter-pinter...

Hidup bajakan... :))
*lanjoet nginstall ubuntu ibex

Anonim mengatakan...

Heheh kalo saya sih tetep pake yg bajakan, vista ultimate lagi :) maklum lah bukan untuk keperluan kerja tapi terus terang aja, gue kecanduan sama game PC

Cak Wanda mengatakan...

wah... rumit kali...
mungkin itu jalan menuju pencerahan kali...
dulu, waktu beli laptop juga sama. laptopnya cuma support Vista. cari software yang support vista susah. vistanya bajakan pula, ribet banget aktivasinya.

yo wis nekat aja migrasi ke ubuntu 7.10 sampe sekarang ga ada problem yang aneh2.

nico mengatakan...

yeahhhh!hidup ubuntu!nice story!

Ayu AB mengatakan...

Mas, tanya donk. aku mau bli notebook Benq R45-L.E14, dispesifikasinya sich OSnya Linux. Tapi saya masih ragu-ragu nich, tolong kasih pencerahan donk :) thx

Lutfi mengatakan...

Hi Ayu. Gampang aja. Linux paling nggak ribet cobain hardware baru. Ada LiveCD/LiveUSB nggak? Kalo blon ada, coba download Ubuntu versi terakhir lalu bikin sendiri. LiveCD/LiveUSB bisa loe pake utk test notebook barunya. Kan bs langsung dicoba di toko komputer tuh.

Oya, jangan lupa siapin cek list apa aja yg terdetek maupun yg nggak. Spt:
-vga
-cdrom
-wireless
-bluetooth
-sdcard reader
-dll

arisyi ihsan mengatakan...

mas tanya apa bedanya ubuntu sama fedora??

Lutfi mengatakan...

H Arisyi,

Bedanya Ubuntu dan Fedora? wah ... mnurut gue sama aja yah. Krn gue pernah maen keduanya. Coba gini aja: apa bedanya sepatu yg sama merk nike dan rebook? Spt itu deh. Intinya sama2 Linux. Sama2 hebat.

edo mengatakan...

linux emang handal

Anonim mengatakan...

hahahaha, kejadiannya persis kayak ane. :D
kakak ane beli laptop dan minta installin ke ane, berhubung dia mintanya windows ya ane installin windus 7 bajakan.
abis diinstall, sound, vga ama wireless ane belum kedeteksi. terpaksa harus muter2 nyari ke internet dan ampe ratusan kali restart komputer gara2 kebanyakan driver yang salah.
setelah itu ane install ubuntu 10.10. hasilnya? sound langsung jalan. vga ama wireless tinggal install dari additional drivers. sekali restart langsung sip.
kata sapa support hardware linux lebih jelek dari windus?