08 November 2008

Presentasi Migrasi

Setelah hampir 2 minggu tertunda, akhirnya gue siap juga. Baru aja kelar presentasi ke management. Tentang migrasi. Well ... dua jam gak terasa. Tau-tau udah waktu lunch. Mereka antusias skali. Karena banyak hal yang gue ungkapin tentang "history: past, present and future" seputar system computerize mereka.

Oya, dari beberapa pucuk pimpinan disini, ada 2 yang jadi perhatian. Presidentnya sangat tau tentang komputer. Dan satunya, atasan gue sendiri, ex programmer katanya. And emang lulusan IT. Jadi loe bisa banyangin aja. Susah sembunyikan hal-hal tertentu dari orang yang sama-sama tentang IT :-D

Pesentasi gue buka pake Ubuntu notebook milik MIS. Sekalian untuk demo Ubuntu client dalam mengakses data di server (NFS), OpenOffice.org, internet (Firefox), email (Thunderbird) and IM (Pidgin). So mereka bisa liat semua dengan jelas. File-file di public folder yang mereka provide bisa diakses dengan lancar dan nyaman.

Selanjutnya pokok bahasan gue bagi 3: meliputi Server, Client and Programmer. Masing-masing terbagi lagi dengan sub bahasan hasil survey, plan, kendala. Kendala ini yang mereka harus kasih keputusan. Karena gue butuh dukungan mereka. Kalo gue hajar aja semua, ada masalah guenya yang kena. Jadi di meeting ini, gue dapatkan itu semua :-p

Gue tutup dengan cost yang bisa mereka hemat dan cost yang harus mereka kluarin. Penghematan sangat sangat banyak deh. Costnya justru nggak banyak. Karena mereka pilih solusi Linux yang hemat. Jadi lebih banyak ke pembelian hardware aja.

Satu hal yang gue tanya, kenapa migrasi baru mereka lakukan setelah 2 taun di sambangin BSA? Simple aja jawaban mereka. Karena nggak pernah dapat orang yang ngerti Linux. Abis kedatangan BSA, manager MIS langsung resign. Karena nggak sanggup migrasi. Manager berikutnya, nggak tau IT. Boro-boro migrasi. Pake software aja harus belajar dari CD tutorial :-D

So pren. Kalo banyak company yang seperti ini, jangan lupa update resumenya sertakan kemampuan migrasinya ;-)


2 komentar:

Richie Rich mengatakan...

Mas, aku bisa minta file presentasinya ngak? saya juga mau presentasikan ke BOD. kalo mas ngak keberatan, bisa japri mas ke email saya : y0r4@yahoo.com

Makasih mas.

Lutfi mengatakan...

Silakan nih. Gue share di dropbox gue.

Versi ODP
Versi PDF