06 Januari 2009

Kenapa gue pake Thunderbird official utk semua client

Yang namanya Outlook Express (OE), dulu paling ngetop disini. Bukan karena hebatnya software itu. Udah include di Windows OS tentunya. Sejauh itu aja. Tapi ada hal yang lebih ngetop lagi. Komplain user sini tentang email. Kaitannya karena hampir semua pake OE, maka komplainnya ya seputar OE lah.

List ini adalah list kesalahan OE yang paling parah:
  1. Max size perfolder 2GB
    Kebiasaan kerja di office, umumnya user akan kirim email dengan attachment dan CC ke siapa aja yang berkaitan. Efeknya mereka akan terima email yang banyak attachment dan Inboxnya akan cepet membengkak. OK, walau pake rules, tetep aja folder akan cepet gede. Dalam 3-4 bulan, perfolder bisa capai limit 2GB itu. Selanjutnya pihak MIS akan terima komplain. Dan mereka seperti biasa akan rename folder Inbox.dbx ke Inbox-old.dbx. Inilah rutinitas MIS slama 5 taon terakhir :-D

  2. Kadang message beberapa bulan bisa hilang gitu aja
    Nggak tau gemana, Inbox yang semula ada message 6 bulan terakhir, mendadak message tertentu bisa menghilang. Ini bukan semua message dalam satu folder yah. Cuman sebagaian saja. Gue pernah check, Inbox.dbx sekitar 1.3GB. Anehnya setelah di compact, jadi 100MB. Nah loh? I hate if this happen :-(

  3. Message cannot display
    Listrik mati atau user maen reset saja komputer. Itu kecurigaan awalnya sih. Tapi kadang OE bisa nutup sendiri. Selanjutnya error seperti ini akan muncul. Simple aja. Tutup dan buka lagi OE. Umumnya akan normal. Tapi kalo udah parah, nggak ada cara laen. Harus di repair file dbx-nya. Dan ini bener-bener membuang waktu.

  4. Support UTF-8 nya parah
    M$ pake caranya sendiri untuk memprovide email berbahasa English, Thailand, Korean, Chinese. Dan ke 4 language itu dipake disini. Big company dengan banyak expatriat. Walau selama ini mereka pake cara OE untuk saling komunikasi dengan email, tanpa UTF-8 akan jadi boros karakter. Dan kadang subjectnya jadi kaco karena coding yang berbeda-beda. Dan kalo dapat email menggunakan UTF-8, OE (terutama OE6) kadang keok. Nggak bisa nampilin apa-apa. Walau dah dipilih codingnya secara manual UTF-8, tetep saja nggak bener diplay messagenya.

  5. Pemindahan store folder yang sangat beresiko
    Ini satu hal yang paling gue benci dari OE. Kebiasaan MIS sini partisi harddisk jadi 2. Partisi pertama untuk OS. Partisi berikutnya untuk dokumen dan email. OE emang udah kasih peringatan saat mindahin store folder ke folder laen. Kalo folder tujuan udah ada messagenya. Nggak sengaja klik NO, hilang deh semua message di folder tujuan. Nggak tau gemana logika M$ programmer. Kalo di folder tujuan dah ada message, kenapa ditanya lagi. Beda banget ama Thunderbird. Tau dah ada message, langsung ditampilkan tanpa tanya lagi.

  6. Spam
    Hari gini pake email client tanpa anti spam??? Mungkin nggak masalah sekarang. Karena bulan Juli kemarin udah gue settingkan antispam di mail server sini. Tapi kan loe bisa bayangin. Umumnya spam local akan tetep masuk. Dan antispam di email software akan membantu hal ini.

  7. Virus & Spyware
    OE dan Virus/Spyware itu pasangan yang sangat cocok. Tanpa perlu klik attachment, virus/Spyware langsung running. Bener-bener berkah untuk mereka, tapi bukan untuk MIS :-( Untung udah ada clamav di mail server. Tapi gue tetep aja sebel karena beberapa bos sini download pop3 dari mail server luar. P3scan akan menghadang deh kalo downloadnya dari network office. Nah kalo download dari luar network office, esok paginya notebook dipake kerja udah bawa bonus Virus/Spyware :-(

  8. Searchingnya menyebalkan
    Suka pake fasilitas search nggak? OE paling jelek dukungan searchnya. Bahkan sangat jelek dan lamban kerjanya.

  9. LDAP supportnya lemah
    Ini satu hal yang cukup jelek di OE. Perlu banyak perjuangan untuk searching sebuah email address di LDAP server.

  10. Solusi laennya, selalu berbuntut: bayar bayar bayar
    Software untuk repair message OE, jarang ada yg gratis. Walo OE include Windows OS, tapi hampir semua software dukungannya nggak ada yang gratis. Juga untuk removing duplicate message. Dan laennya. Ckckck ....

Semua problem di atas tidak ada di Thunderbird. Baek Thunderbird for Windows maupun for Linux. Kecuali No.7, Thunderbird tetep butuh antivirus kalo dipake di Windows. Tapi spyware umumnya gak perlu dirisaukan. Karena hampir smua spyware diciptakan untuk OE.

Well... pren. Hari gini pake OE???


1 komentar:

rizky mengatakan...

wahh makasih mas masukanya, kejadian yang mas paparin di atas kejadiaannya sama dengan di kantor ku sekarang OE emang bikin ribet.