10 Januari 2009

Thundebird multi profiles

Gue slalu berusaha kasih solusi yang simple untuk user. Walo kadang nggak simple untuk MIS. Tapi itulah tantangannya. Gemana membuat Linux menjadi mudah untuk user. Salah satunya, user pengen multiple profile di Thunderbird. Karena sebelumnya di Windows dia terbiasa dengan multiple identities. Sewaktu pindah ke Ubuntu, dia tetep pengen pake cara itu.

Penggunaan Thunderbird untuk sekaligus download 2 account bisa tuh. Apalagi ada fasilitas pemisahan untuk menggunakan "Global inbox folder". Sayangnya dia bersikeras, untuk menghindari salah kirim. Setelah cari beberapa alternatif, akhirnya mending pake Thunderbird dengan multi profiles saja.

Thunderbird di Linux emang udah dikebiri. Sehingga profiles managernya nggak muncul di menu. Tapi sebenernya tetep bisa dilakukan. Dengan melalui terminal. Kalau di Windows, tetep bisa dilakukan dari DOS prompt juga.

Menambah profile baru

Coba buka terminal dan jalankan command ini:

thunderbird --help

Dari situ akan tahu perintah apa seharusnya untuk membuka Profiles Managernya Thunderbird

thunderbird -ProfileManager

Silakan tambah profiles ke 2. Berikutnya pilih nama profiles ke 2 tersebut dan klik "Start Thunderbird" untuk melakukan setting selanjutnya.

Menampilkan multiple profile

Jika menginginkan selalu muncul pilihan profiles di Thunderbird, coba hal ini:

thunderbird -ProfileManager

Dan disable option "Don't ask at startup". Atau cara laen, c
oba edit files $HOME/.mozilla-thunderbird/profiles.ini dengan gedit (text editor). Gantilah baris:

StartWithLastProfile=1


Menjadi:

StartWithLastProfile=0


Sekarang setiap kali menjalankan Thunderbird, akan muncul pilihan profilesnya.

Menambah Password di Profile

Sebenernya nggak ada fasilitas ini di Thunderbird. Tapi bisa manfaatin "Master Password" untuk hal ini. Sehingga setiap kali profiles dipilih, berikutnya untuk download message harus masukin Master Password.
  1. Edit -> Preferences (kalo di Windows OS: Tools -> Preferences)
  2. Privacy icon -> Passwords tab
  3. Set Master Password...
Tutup Thunderbird dan coba jalankan untuk tau hasilnya.

Shortcut ke profiles tententu

Ada kasus dimana 1 user gunakan 2 profile. Tapi dia pengen, email/profile ke 2 hanya dia yang tau. User laen kalo pake PC nya hanya tau email office (profiles pertamanya).

Untuk kasus seperti ini, gue bikinin 2 profile di Thunderbird. Tapi Thunderbird nggak dibikin nampilin pilihan profiles. Defaultnya Thunderbird akan selalu muncul dengan profile pertama. So... untuk munculin profile ke 2, gue ajarin user dengan cara tekan Alt+F4 dan ketikkan "thunderbird -P <profilesname>".

Sebenernya itu bisa juga dibikin shortcutnya. Tapi usernya pengen manual seperti itu.


Tidak ada komentar: