14 Februari 2009

Ubuntu 8.10 di Sony VAIO VGN-SZ583N

Setelah beberapa kali ngeluh Vistanya pelan, Big BOS akhirnya tanya macem-macem. And gue buka juga kalo Vista nih resek banget. Cuman 5 personal notebook pake Vista selalu ribut karena lemot. Kadang nggak bisa ke internet. Mendadak aja tuh. Esoknya kadang normal lagi. Open file di server apalagi lemotnya. Shutdown juga. Sekitar 10 menit baru bisa off. Dan gue cuman bilang, bego aja mau pake Vista :-D

Akhirnya dia minta coba install Ubuntu di Notebooknya. Ok deh. Silakan saja. Nggak rugi juga kok nyoba Ubuntu. Cuman gue bayangin, setelah dual boot ready pasti akan dapat pertanyaan deh. Itu yang paling membosankan. Terutama awal-awal pake deh. Krang kring melulu. Bisa-bisa malem tidur terganggu.

Gue suka notebooknya. Sony VAIO VGN-SZ583N yang ringan sekali. Karena gue rasa pake Wubi akan terasa sedikit berat. Mending bagi partisi. Sekita 10GB dah cukup deh. Dia kan mau coba saja. Gue cuman pesen kalo dah OK and terbiasa pake, silakan notebook lamanya gue full install Ubuntu. Notebooknya bejibun soalnya.

Proses install Ubuntu 8.10 berjalan lancar tanpa ada masalah. Compis juga langsung jalan karena VGA nya pake Intel. Sound langsung OK. Wireless juga OK. Yang laennya gue blon banyak check keburu dia ambil. Tapi kliatannya nggak ada problem. Kecuali cam nya aja tuh nggak berfungsi. Sorry, kmaren lupa ambil detil 'lspci'nya.

Setelah Googling, sepertinya dapat driver dari site ini. Tapi sepertinya nggak bisa dipake karena kernel versi lama:
  1. http://www.palmix.org/r5u870-en.html
  2. http://www.arakhne.org/ricoh/index.html
Dari UbuntuForums.org dapat hasil yang memuaskan. Versi driver yang ready dengan dukungan DKMS. Jadi setiap ganti kernel akan compile sendiri dan langsung ter update:

sudo sh -c "echo 'deb http://ppa.launchpad.net/intuitivenipple/ubuntu intrepid main' >/etc/apt/sources.list.d/intuitivenipple.list"

sudo apt-get update
sudo apt-get install r5u870-dkms


Lalu remove sources softwarenya:

sudo rm /etc/apt/sources.list.d/intuitivenipple.list

sudo apt-get update

Setelah install "cheese", langsung muncul tuh. Berhasil deh cam nya. Juga untuk skypenya.

Goodluck BOS :-D

1 komentar:

Animaster mengatakan...

Thanks atas posting nya. Cara saya lebih rumit :D
http://animaster.wordpress.com/2009/01/04/dukungan-webcam-sony-vaio-pada-ubuntu-810-intrepid-ibex/