22 Maret 2009

SQuirrel SQL: SQL tools untuk berbagai SQL server

Artikel sebelumnya udah gue bahas koneksi dari OpenOffice.org (for Linux) ke beberapa SQL server menggunakan JDBC. Ini akan sangat penting untuk gue maupun beberapa programmer sini yang perlu melakukan reporting via "DataPilot" di OpenOffice.org Calc langsung menggunakan database di SQL server.

Satu tools lagi yang biasanya mereka gunakan di Windows adalah PL/SQL Developer. Biasanya mereka gunakan untuk Oracle. Untuk SQL server laen, mereka pake yang laen lagi. Tapi di Linux gue harus beri solusi. Karena kita disini ada MySQL (di Ubuntu Server), MSSQL 2000 (di Windows Server) dan Oracle 8.x (Windows Server). Dari ketiga macem SQL server itu, perlu ada solusi aplikasi yang memudahkan mereka melakukan manipulasi SQL command dengan mudah dari depan Ubuntu Linuxnya.

Akhirnya ketemu base on Java yaitu SQuirrel SQL. Well... suprise juga. Walau mereka menemukan beberapa software laen. Tapi kita suka software satu ini. Cukup satu SQL tools untuk semua SQL server. Dan hasilnya bisa di export ke format XLS. Great :-D

Untuk installasi Squirrel SQL mudah sekali. Gunakan sun-Java6-jre yang biasanya include dalam paket "ubuntu-restricted-extras". Download versi JAR dari SQuirrel SQL dan silakan install dengan right click saja di Ubuntu (open with "Sun Java 6 Runtime).

Untuk installasi driver JDBC for MySQL, PostgreSQL, Oracle dan MSSQL, silakan baca lagi artikel gue sebelum ini (link). Caranya seperti itu deh.

Selanjutnya configure class path masing-masing driver JDBC tadi pada bagian Driver di Squirrel SQL. Mungkin lebih mudah jika liat link ini. Dan siap untuk koneksi di bagian alias.

Met menikmati, pren


1 komentar:

Animaster mengatakan...

Thanks untuk postingnya.
Saya sedang mengerjakan project untuk mengkonversi sebuah situs web berbasis ASP.NET-MSSQL menjadi PHP-MySQL. Posting anda tentang tool universal SQL ini sangat membantu saya dalam proses migrasi database situs tersebut. ^^
Kalau ada waktu, silakan kunjungi blog saya:
http://animaster.wordpress.com