18 November 2008

Linux susah install game???

Walah? Sejak kapan Linux jadi susah install yah? Apalagi game? Setahu gue hampir semua cara install di Linux online dan sangat mudah. Karena semuanya udah tersedia online (via apt-get or yum). Bandingkan ma Windows? Duh... ribet and harus download dari sumber yang beda-beda.

Ada yang komplain di Detik.com karena Linux susah install game, susah install YM, beda sama M$ yang selalu gampang. Apa bener info ini? Oke ... sekarang kita bandingkan yah. Dari 2 disisi yang berbeda. Tolong pake yang dikepala. Jangan pake yang didengkul :-D

Perbadingan install native software
(alias paket asli for OS masing-masing) !!!


Linux
  • Nggak bisa install software for Windows di Linux??? Salah deh. Dengan Wine bisa install lah. Kalo loe mau pake CrossOver Linux (versi bayar dari Wine) akan jauh lebih mudah. Kalo bisa beli Windows, harga CodeWeaver juga nggak mahal tuh. Under $40 loh.
  • Nggak bisa Install game for Windows di Linux??? Salah juga deh. Dengan CrossOver Game (versi bayar dari Wine) akan jauh lebih mudah untuk installnya. Sama juga harganya dengan yang tadi.
Windows
  • Bisa nggak install software for Linux di Windows? Sampe sekarangpun nggak bisa !!!
  • Bisa nggak install game for Linux di Windows? Sama tuh jawabannya di atas. Kagak bisa!!!
Macintosh
  • Nggak beda jauh sama jawaban versi Linux. Harus pake software software yang sama juga seperti CrossOver diatas.
So? Secara native emang OS beda. Jadi jelas aja. Install YM for Windows ataupun Game for Windows di Linux kagak bisa. Di Macintosh juga gak bisa. Jadi... Macintosh sulit dong yah??? Inilah dia :-D Kliatan deh kalo yang kasih komentar itu gak bisa dipercaya :-p Lebih tepatnya ....bbb eer ggg ooo .... :-D Sorry. Gue kasih 3 huruf. Karena emang parah sih :-p

Tapi di Linux/Mac ada solusi Wine (free) or CrossOver (not free). Kita bisa gunakan ini untuk install software for Windows di Linux/Mac kita. Bayangin tuh. Install native software for Windows ke OS Linux/Mac yang kita pake. Keren kan ;-)

Coba sekarang loe download file .deb or .rpm deh. Lalu install di Windows? Bisa kagak? Setahuku Windows lebih nggak jelas kalo urusan ginian. Gedek tanpa tau file apa itu :-D

Jadi kesimpulannya, kalo kasih komentar jangan asal deh. Muji-muji M$ gampang tapi yang dipake bajakan. Padahal kenyataannya itu tadi. Wine salah satu produk inovative di dunia FOSS.

Tetep aja gue dulu Linux. FOSS is the best. Bravo ...

24 komentar:

Anonim mengatakan...

Satu satunya alasan kenapa saya masih menggunakan windows, ya karena game itu tadi. Game di windows sekarang semakin banyak dan bervariasi sekali dan gambarnya itu lho kalo pake VGA ATI sekarang, ujubile bagusnya :) ps, xbox, and nintendo ga lawan deh, kalah semua. Coba main2 ke http://www.reviewland.com disitu dikupas banyak tentang game windows. Untuk bekerja linux ok, game tetep linux lah :)

Lutfi mengatakan...

Hehehe... Yang loe tulis itu bener. Game Windows sampe detik ini paling hebat. Tapi yang gue bahas kan cara install nya? Bukan kehebatan gamenya.

So... dari bukti yang gue tulis jelas, FOSS more easy and more creative. Tapi yang ditulis di detik itu asal aja. Kalo nggak direspon, akan bikin orang takut pake Linux.

mbahnya mengatakan...

OOT. kalo dulu pernah coba install windows ori (bundle dengan kompi merek HP), wuih susahnya minta ampun. sudah masukin SN kita nunggu sekitar setengah jam (hanya untuk OS-nya doang). terus ketika masuk desktop disuruh nelpon ke jakarta untuk meminta lisensinya. edan, masak sudah harga nya mahal ketika install suruh validasi pula?. akhirnya nggak nelpon. lha tempatku tuban, kalo nelpon ke jkt ya biaya lagi. memang nggak pake pikiran tuk mikocok ( saya setuju pake dengkul). beda dengan linux (ubuntu) sekali install semua dah siap, apalagi kalo pake semacam blankon dkk, multimedia dah super luengkap. jadi kalo orang bilang instaal windows mudah, eh, mungkin dari pengalamanku itu versi bajakan.

Anonim mengatakan...

mas yang penting kan mudah diinstal dan mudah dimaenkan. kalo mas suka ama linux, mas suka aja sendiri. hehe... kita orang bukan orang bego. cuma gak mo ribet kayak situ.

Anonim mengatakan...

alasan orang pilih linux, karena gak ada duitnya. mo nya gratis melulu. hehe... pengguna linux. pengguna gratisan.

Lutfi mengatakan...

Untuk mas "Anonymous ke 2" yang merasa ribet install software/game di Linux:

Coba baca skali lagi blog gue deh. Emang Windows mudah install software/game for Windows di Windows. Tapi Linux lebih mudah and inovative.

Tuh bayangin. Di Linux bisa install software native Linux maupun software native OS laen dengan Wine ;-)

Bahkan gak seribet di Windows

Well... FOSS is inovative, dear

Lutfi mengatakan...

Untu mas "Anonymous ke 3":

Sapa bilang pengguna Linux pengguna gratisan??? Loe yakin??? Coba deh skali lagi cari tau yang bener. Jangan anggap yang terjadi pada loe juga sama dialamin orang laen lah.

Coba baca ini:
http://www.top500.org/stats/list/32/osfam
Juga:
http://www.top500.org/charts/list/32/osfam

Apa mereka semuanya murahan???

:-D

ashardi mengatakan...

wew... panas ini :D, ini juga lagi dikit2 udah mulai pindah ke ubuntu...
capek pake bajakan mlulu, masak cari duit buat makan sehari-hari pake bajakan trus, setidaknya meng-halal-kan diri... moga2 bisa lancar migrasinya :))

Amiennn...

Anonim mengatakan...

why.
Aku blh tanya. Di Linux itu emank harus install dri terminal kah.

ABizz itu linux susah jika tidak ada koneksi internet lol.

Kalo bisa coba anda terangkan gmana install program TANPA lewat Terminal and Internet. Alias Offline

Itu yg sya ingin tanyakan. Karena M$ saya sudah gila2an virusnya. Khan kalo di M4 tinggal next22 aja. Tolong jelaskan.

And satu lagi, install driver di linux susah22 sekali jka tidak ad sambungan internet

Aravir mengatakan...

kualitas game windows jika dijalankan di linux kurang bagus, mungkin juga tidak bisa jalan jika jebisnya game 3D.

Saya pengguna SuSE/OpenSuSE dan dulu saya berkoar-koar kalo linux juga bisa buat aplikasi windows dengan Wine (jangan crossover lah, itu hanya teori, toh nanti larinya juga cari yang versi bajakan kan)

aku berhasil install macromedia flash dan officexp (ohya, 'Penulis' udah berhasil install apa?), dan belum sukses nginstal battle realm, macet jika digunakan multiplayer

-delphi juga belum sukses,
-shozu-desktop bisa diinstal menggunakan adobeAIR for linux (jadi bukan cuma Wine dan CrossOver)

banyak pilihan, ada yang bisa, ada yang tidak, kebanyakan macet di jaringan (tapi shozu sudah lancar untuk kirim file via internet)

jadi, buat pengguna windows, gaka ada salahnya kok, asal jangan bajakan

dan bagi pengguna linux, jangan install crossOver bajakan

berani?? jangan cuma omong, buktikan

Aravir mengatakan...

Ohya, barusan aku sukses nginstall OpenSuSE 11.1 di tabletPC HP tx2510us

-stylus jalan
-wifi jalan

(...just show off...)

Tagara mengatakan...

Ga terlalu ngaruh sih...

Selama bisa maen DoTA dan WOW...


Hidup sudah sempurna...

hehehe...


live legal...


oh ya mas,

makasih banget anda mau membagi pengetahuan anda sebagai profesionl secara gratis...

saya yakin tulisan anda banyak banget membantu orang lain (saya contohnya...)

keep posting man...

you rock...

Anonim mengatakan...

gw cuman mo ngasih coment klo emang linux memiliki kualitas yang sangat baik menurut anda coba tunjukan dengan "management" software yang lebih baik lagi.

kenapa musti pada ribut membanggakan OS yang di pake masing2.
bill gate,steve jobs,linus torvalds mereka akur aja. kenapa kalian yang cuman bisa pakenya aja pada ribet. ga cape apa ngeributin LINUX FREE VIRUS, WINDOWS for GAMERS, MAC for MULTIMEDIA n DESIGN.

osol mengatakan...

Emang sih biasanya orang make linux karena gratisnya itu. Daripada Windows yang harganya selangit. Kesimpulannya meskipun gw punya duit banyak, kalo ada yang gratis, Why Not?. Mendingan duitnya buat keperluan yang lain. Lagipula dengan menggunakan linux, gw jadi bertambah ilmunya.

nama muka mengatakan...

pokoknya gwa mah cinteeee amat ama linux... taruhlah installnya susah.. cumaaa disitulah tantangannya ampe ke surga gwa jabaanin cara installnya. he he he. Yg make windows gak papa juga, gak bisa disalahin koq.. tergantung kebutuhan ama perasaannya...

oke.... go open source

linux mengatakan...

Game linux native bagus bagus kok??? malah Frame Ratenya lebih tinggi dibanding windows.. contohnya game2 dari id Software.. game2 berbasis Quake3Arena Engine... malah mulus banget dan halusss.. cuma pake wine 1.1.12 dan 1.1.14,
crossover dan cedega gak ada apa2nya... banyak limitasinya klo pake cedega or crossover

Saya juga dah pernah install game counter strike dilinux gampang banget kayak diwindows, malah sambil main CS bisa disambi buka aplikasi lain tanpa memberatkan sistem... klo di windows udah 2 x restart system tiap kali main cs di warnet windows...

linux gak susah malah lebih gampang dari windows kok....

manajemen software lebih komplit, semua aplikasi essensial dari A-Z ada, cukup beli repository 4-6DVD, tanpa online aplikasi mudah tinggal instal tinggal pilih.. manajemen software ada banyak ada yum, ada synaptic, urpmi dll...


biar gratisan, tapi masih bisa berbangga hati karena legal, dari pada bajakan apa yang bisa dibanggakan? bangga ya klo kena razia polisa laptop or kompinya kena sita? whe he he...

salam semuanya..

Anonim mengatakan...

mas. pm dong cara install game linux di ubuntu. contoh gamer razer. formatnya tgz. gak ngerti installnya

beni
benny_mrd@yahoo.co.id

Lutfi mengatakan...

Wah... install tgz files? Duh... males lah. Coba loe cari:

- PlayOnLinux
- PlayDeb

Banyak game disitu tinggal klik dan install aja.

daniel mengatakan...

gan ada YM! g' add donk gan

daniel mengatakan...

danielvitayasa : account YM! nya

Anonim mengatakan...

abang abang semua tolog ane donk cara installl game di garuda os gimana sich

lopely mengatakan...

Linux VS WIndows

Who is The winner :P

both of the is the winner :D :D :D

bagi yang suka maen game / pecinta game sejati ya gunakanlah os windows :D :D :D
Linux emank punya windows emulator (WINE) tapi ga bsa jalanin game berat spt assasin cred, resident evil, lost planet, dark sider,dll sejenisnya :D :D :D

kate sape linux ga pernah crash/hang??
coba aja maenin game di atas pake wine linux,, pasti linux (pinguin) anda akan K.O seketika :D :D :D

nah kalo yang pecinta resulosi (kyk sy) pasti milih os windos :D :D :D
linux belum terlalu support HD technology :p
coba aja muter video full HD 1080i pake player bawaan linux secara terus menerus slama 5-6 jam pasti hang :P :P :P
direct x linux juga masih 9 belum suport yang 11 :D :D :D
VGA card nvdia GTX570Ti yang seharusnya sudah support pixel shader 4.0 hanya terbaca 2.0 di linux :D :D :D

bagi pecinta desain / desainer linux adalah kuburan :D :D
Bagi pecinta game / Gamers sejati (bukan gamer solitare) linux adalah tong sampah :P :P
Bagi Pecinta audio / video linux adalah gudang (t4 penyimpanan file doank) :-P
TAPI bagi progammer / Hacker Linux adalah surga maya :D :D

OS windows mank selangit harganya :P :P
tapi sesuai dengan harga, kualitas GuI yang sepadan, Applikasi yang tersedia, ketermudahan utk didapatkan, lidah ga bisa bo'ong :p :P

Linux mank security tinggi jarang Crash / HAnk / Virus Kurang,, aman lah pokoknya
tapi bagi para org indo 70% menganggap security linux sebagai neraka..
karena dengan Komputer / OS yang Sering CRASH / HANK / VIRUS MERAJARELA itu adalah sumber kehidupan / surga mereka yang mengharapkan Komputer org laen cepet2 Crash / HANK / Data LOSS DLL supaya di bawa ke t4 Mereka :D :D :D

haris naufalika mengatakan...

Dual boot. Problem solved

Anonim mengatakan...

gan ane mau tanya..??
kenapa di linux ubuntu g bisa di pakek game berat ya..??
terus apakah linux ubuntu itu g ada perkembangannya dalam game..??