05 Mei 2009

Printer HP Deskjet f2235 All in one di Hardy

Di sini client Linux menggunanakan Ubuntu Linux 8.04 LTS Edition. Sengaja pake LTS. Karena gue butuh dukungan update sampe 3 tahun.

Kali ini ada kasus printer baru. Biasa printer HP. Dan MIS udah tau yang namanya HPLIP. Jadi mereka langsung nambahin pake menu printing. Hasilnya nggak bisa nyetak. Lalu gunakan "hplip-gui" untuk melakukan deteksi otomatis dan fungsi-fungsi lain yang disediakan. Tapi anehnya, printer tidak terdeteksi.

Setelah cek lebih jauh ke website ini:

http://hplipopensource.com/hplip-web/supported_devices/index.html

Untuk HP Deskjet f2235 al in one dibutuhkan hplip minimal versi 2.8.6. Sedangkan yang terinstall di Ubuntu Linux 8.04 LTS Edition adalah:

hplip 2.8.2

Jadi jelas. Ubuntu 8.04 LTS yang kita pake hplip-nya versi lebih lama. Sedangkan untuk ngenalin printer model ini dibutuhkan hplip versi lebih baru.

Untungnya ini Ubuntu. Jadi lebih mudah updatenya. Website itu udah sediain cara upgrade hplip-nya ke versi yang lebih baru. Ikutin aja cara ini:

http://hplipopensource.com/hplip-web/install/install/index.htm

Sekarang hplip-gui udah bisa tersambung dengan baek. Printer bisa digunakan. Dan fasilitas scanner juga bisa.




2 komentar:

riderz mengatakan...

web page nya HP lib itu can't be found mas. Ada panduan yg lbh tepat buat scannernya? Saya tanpa update HPLib dah bisa ngeprint, cuma blm bisa scan. (Actually, memang saya blm prnh bisa scan di ubuntu).

Need clue? thx.

Lutfi mengatakan...

Website HPlip nggak ada masalah. Tetep masih bisa gue buka. Coba skali deh.

Kalo scanner, kalo dr HPlip model printer/scanner loe bs dikenali, sharusnya nggak perlu di configure lg, langsung bs coba tuh scannernya. Coba search di blog gue. Pernah gue tuliskan gemana gunakan program XSane utk lakukan scanning.