02 Mei 2009

Progress migrasi sejauh ini

Salah satu server disini adalah Netware 5.1. Yang pelan-pelan kita migrate ke Ubuntu Server 8.04 LTS Edition dengan Samba/NFS. Samba untuk melayani client Windows XP dan NFS untuk melayani client Ubuntu Linux 8.04 LTS Edition. Dan hasilnya sudah 98% client pindah ke server baru. Itu sekitar 250 PC deh. Dan sisanya sekitar 15 PC akan selesai dalam 2 minggu ke depan.

Kalo loe baca blog sini sejak awal, sudah gue bahas semuanya. Gemana mounting netware. Struktur Samba dan NFS jika dibandingkan Netware. Proses penyalinan data dari Netware ke Linux. Sampe gemana MIS sini melakukan migrasi client dari tiap department ke server Linux terbaru.

Wuih... Seneng juga rasanya. Dalam 2 minggu ke depan bisa kurangi 1 server unlicensed lagi. Dan itu adalah server Netware yang udah dipake sekitar 10 taun lalu. Akhirnya bisa kita hapuskan dari company sini :-D

Di sini totalnya ada 5 company. Cuman 3 company saja yang menggunakan server Netware ini. Jadi kalo 2 minggu lagi Netware bisa kita shutdown, itu artinya 3 company pertama udah kelar migrasinya. Well done!

Sisa 2 company nggak terlalu rumit. Company ke 4 udah pake Windows 2003 server license (OEM). Sayangnya nggak pernah mikirin CAL license. Jadi kita bakal ganti juga pake Samba/NFS di server Ubuntu Linux. Dengan sekitar 50 client. Yah udah masuk plan kita sejak awal. Dan udah disetujuin sama management.

Company ke 5 yang lokasinya jauh di kota laen, nggak pake server. Nggak terlalu banyak usernya sih. Kita bakal migrasikan juga. Karena sejauh ini mereka selalu merasa terpisah. Kalo sebelumnya penggunaan email dan instant messaging (pidgin) dengan ejabberd server udah nyambungkan mereka dengan mudah ke head office. Selanjutnya OpenVPN akan menyambungkan network mereka ke head office. Jadi mereka akan lebih merasa dekat lagi ke semua user sini.

3 komentar:

somat mengatakan...

wew.... gutlak deh migrasinya ;)

Anonim mengatakan...

klo migrasi dari NW 3.12, apa langkah2nya sama? disini kami menggunakan Foxpro v2.0 sbg aplikasinya..

Lutfi mengatakan...

Foxpro v2. itu yg jalan di DOS atau foxpro for WIndows yah?